Pengertian
Manajemen
« Adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, menggerakkan serta mengawasi aktivitas-aktivitas sesuatu
organisasi dalam rangka upaya mencapai suatu koordinasi SDM dan SDA dalam hal
pencapaian sasaran secara efektif dan efisien (Robert L Trewathn & MG.
Newport).
« Adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan (Stoner, 1990 : 8).
Alasan
mengapa Manajemen dibutuhkan
Ÿ Untuk mencapai tujuan
Ÿ Untuk menjaga keseimbangan di antara
tujuan-tujuan yang saling bertentangan
Ÿ Untuk mencapai efisiensi dan
efektivitas
→
Efisiensi
: mengerjakan pekerjaan dengan benar/ tepat
(Peter Drucker)
→
Efektivitas
: mengerjakan pekerjaan yang benar/tepat (Peter Drucker)
Unsur-unsur
Manajemen
- Man (Manusia)
»
Sangat
menentukan; manusia membuat tujuan; melakukan proses kegiatan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan; tanpa manusia tidak akan ada proses kerja; titik
pusat (central point) manajemen.
- Money (Uang)
»
Uang
(penting) sebagai alat tukar dan alat ukur nilai sesuatu usaha (besar kecilnya
perusahaan diukur dari jumlah perputaran uang).
- Machines (alat-alat)
»
Peranan
mesin sebagai alat bantu kerja, memudahkan melaksanakan pekerjaan, memberikan
keuntungan terhadap tenaga kerja, penggunaannya sangat tergantung kepada
manusia, mempermudah tercapainya tujuan hidup manusia.
- Methods (metode, cara kerja)
»
Tercapai
atau tidaknya tujuan sangat tergantung kepada cara melaksanakannya, dengan cara
kerja yang baik akan memperlancar dan mempermudah jalannya pekerjaan.
- Materials (bahan-bahan, perlengkapan)
»
Manajemen
ada karena adanya kegiatan manusia secara bersama-sama untuk mengurus material.
- Market (pasar)
»
Fungsi
pasar (penting) untuk memasarkan barang-barang hasil produksi sesuatu kegiatan
usaha, pasar penting dikuasai, demi kelangsungan proses kegiatan badan usaha
atau industri.
Fungsi
Manajemen
a) Planning (Perencanaan)
↔
Sebelum
melakukan sesuatu manajer memikirkan apa tujuan organisasinya, bagaimana
mencapainya, bagaimana sumber dayanya, kapan selesainya.
b) Organizing (Pengorganisasian)
↔
Bagaimana
manajer mengelompokkan kegiatan-kegiatan yang ada dlm organisasinya,
menempatkan orang-orang dan mengalokasi
sumber daya.
c) Actuating/Directing (Pengarahan)
↔
Bagaimana
manajer mempengaruhi bawahan agar mau bekerja dlm mancapai tujuan organisasi.
d) Controlling (Pengawasan dan pengendalian)
↔
Bagaimana
manajer mengawal seluruh aktivitas dlm organisasinya agar tetap berada pada
jalur yang benar (on the right track).
What is a
Manager ?
þ Seseorang
yang tanggung jawab utamanya melaksanakan proses manajemen
þ Seseorang
yang merencanakan
dan membuat keputusan , mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber
daya manusia, finansial, fisik dan informasi.
Jenis Manajer Berdasarkan Tingkatannya
- Top Managers
ϋ
Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola
keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi
pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir)
- Middle Managers
ϋ
Kelompok manajer yang paling banyak dlm
organisasi, bertanggungjawab
untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang
dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer
bawahannya.
- First-Line Managers
ϋ
Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan
aktifitas karyawan
Jenis Manajer Berdasarkan Bidang Tugas
- Marketing Managers
ü Bekerja
pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran (pengembangan produk baru,
promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)
2. Financial
Managers
ü Terutama
berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan (acounting, manajemen kas,
investasi)
- Operations Managers
ü Berurusan
dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang menciptakan produk / jasa
perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian
kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)
- Human Resource Managers
ü Bertanggung
jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan ( human resource planning,
recruiting and selecting employees, training and development, designing
compensation and benefit systems, formulating performance appraisal systems,
and discharging low-performing employees.)
- Administrative Managers
ü Lebih
bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari pada berspesialis pada
satu bidang
- Other Kinds of Managers
ü Sesuai dengan bidang
usaha/tujuan organisasi
( Public relations managers, R &
D managers etc).
Managerial
Skills
- Technical Skill
»
Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan
atau memahami jenis kerja tertentu yang dilaksanakan dalam suatu organisasi
- Conceptual Skill
»
Kemampuan untuk memahami dan memandang
organisasi sebagai satu kesatuan.
»
Bagaimana semua bagian dlm organisasi bisa berjalan bersama melalui
keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi
- Human Skill
»
Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan
berkomunikasi dengan individu maupun kelompok
Management
: Science or Art?
Ÿ Science of Management
û Banyak
masalah manajemen diselesaikan dgn cara rasional, logis, obyektif dan
sistematis
û Dgn
menggunakan metode ilmiah masalah manajemen bisa diselesaikan ( model
kuantitatif dan berbagai teknik pengambilan keputusan untuk memecahkan
masalah).
Ÿ Art
of Management
û Pemecahan
masalah dan pengambilan keputusan sering juga diambil atas dasar intuisi,
pengalaman, insting dan pandangan pribadi.
û Dgn
keahlian konseptual, komunikasi, manajemen waktu, seorang manajer dpt
memecahkan masalah yang kadang-kadang tidak bisa dipecahkan dgn dasar ilmu
pengetahuan.
0 komentar:
Posting Komentar